PERINTAH DASAR
·
TAB key –
Berfungsi untuk mengubah antara “edit mode” dan “object select mode”.
·
“O” key
–Berfungsi untuk mengaktifkan “proportional vertex editing” pada “edit mode”.
·
“A” key –
Berfungsi untuk memilih semua vertices yang terdapat pada sebuah obyek.
·
“B” key –
Berfungsi untuk memilih banyak obyek dengan menggunakan windows drag.
·
Space bar –
Berfungsi untuk menampilkan menu tool.
·
Number pad –
Berfungsi untuk mengontrol view. “7” untuk “top”, “1” untuk “front”, “3” untuk
“side”, “0” untuk “camera”, “5” untuk “perspective”, “.” Untuk memperbesar
obyek yang telah dipilih, “+” dan “-“ untuk memperbesar atau memperkecil.
·
Mouse – Klik kiri
berfungsi untuk mengubah, Klik kanan berfungsi untuk memilih, Klik tengah atau
scroll berfungsi untuk memperbesar dan merotasi view.
·
Shift key –
Berfungsi untuk memilih obyek lebih dari satu dengan cara menahan tombol Shift
dan Klik kanan.
·
Arrow key –
Berfungsi untuk pembuatan frame dalam sebuah animasi.
·
“R” key –
Berfungsi untuk merotasi sebuah obyek atau vertices.
·
“S” key –
Berfungsi untuk mengatur skala sebuah obyek atau vertices.
·
“G” key –
Berfungsi untuk memindahkan sebuah obyek atau vertices.
·
“P” key –
Berfungsi untuk memisahkan vertices yang dipilih menjadi sebuah obyek didalam
“edit mode”.
·
Shift + “D” –
Berfungsi untuk menduplikat sebuah obyek atau vertices.
·
“E” key –
Berfungsi untuk meng-extrude vertices yang telah dipilih didalam “edit mode”.
·
“U” key – Didalam
“object mode” berfungsi untuk menampilkan SingleUser menu, sedangkan didalam
“edit mode” berfungsi sebagai “undo”.
·
“M” key –
Berfungsi untuk memindahkan obyek ke layer lain. Didalam “edit mode” berfungsi
sebagai “Mirror”.
·
“Z” key –
Berfungsi untuk merubah view dari wireframe menjadi solid.
·
Alt + “Z” –
Berfungsi untuk merubah view tekstur atau tembus pandang.
·
“P” key –
Berfungsi untuk memulai mode game.
·
ALT / CTRL + “P”
– Berfungsi untuk membuat atau menghapus hubungan Parent/Child.
·
“N” key –
Berfungsi untuk menampilkan info sebuah obyek dalam bentuk numeric.
·
Ctrl + “J” –
Berfungsi untuk menggabungkan obyek.
·
Alt + “A” –
Berfungsi untuk menjalankan animasi.
·
“F” key –
Berfungsi untuk membuat sebuah sisi pada “edit mode”.
·
“W” key –
Ekspresi Boolean untuk menggabungkan atau mengiris pada 2 obyek atau lebih.
·
“X” atau Delete –
Berfungsi untuk menghapus obyek, vertices, atau sisi.
·
Function keys –
F1 = Load File, F2 = Save, F3 = Save Image, F4 = Lamp Buttons, F5 = Material
Buttons, F6 = Texture Buttons, F7 = Animation Buttons, F8 = Real Time Buttons,
F9 = Edit Buttons, F10 = Display Buttons, F11 = Last Render, F12 = Render.
·
“I” key –
Berfungsi untuk memasukkan animasi.
·
ALT + “U” –
Berfungsi untuk menampilkan “Global Undo Command”.
·
ALT + “C” –
Berfungsi untuk mengkonversi menjadi meshes, text dan curves.
·
Shift + Space –
Berfungsi untuk menampilkan seluruh layar atau hanya pada viewport yg aktif
saja.
·
Ctrl + “0” –
Berfungsi untuk memilih sebuah camera.
MENU FILE
·
Append = Ketika
anda menginginkan untuk memasukkan elemen dari file Blender yang satu ke file
Blender yang lainnya, perlu menggunakan append command.
·
Save = menyimpan
hasil kerja
·
Save As =
menyimpan hasil kerja dengan nama lain
·
Export/Import
= kemampuan Blender untuk menerima beberapa jenis
3D file dari program lain. Blender dapat menyimpan ke dalam bentuk file 3D dari
program lain ataupun juga sebaliknya
MENU ADD
Add digunakan untuk menambahkan objek-objek,
seperti kamera, lighting dan objek 3D.
Render
berfungsi untuk melihat hasil Rendering dan settingnya.
•
Help digunakan untuk melihat bagaimana Blender bekerja dan berbagai jawaban
untuk pertanyaan dari user.
2.
View Port
Pada
View Port, terdapat 3 objek, yaitu Cube, Lamp dan Camera. Secara default, View
Port memiliki axis X dan Y. dan didalam view port ini kita bisa melihat project
dalam berbagai macam sudut dan dapat mengatur letak dan kamera serta
sebagainya.
3.
Tool Button
Berikut
beberapa tools button yang biasa digunakan pada Blender :
•
Translate Manipulator Mode
Berfungsi
untuk mengambil objek. Disimbolkan segitiga merah, bila menggunakan keboard
bisa secara langsung menekan Ctrl+Alt+G.
•
Rotate Manipulator Mode
Berfungsi
untuk memutar objek. Disimbolkan berupa lingkaran hijau, bila menggunakan
keyboard bisa secara langsung menekan Ctrl+Alt+R.
•
Scale Manipulator Mode
Berfungsi
untuk memperbesar dan memperkecil objek. Disimbolkan berupa persegi biru, bila
menggunakan keyboard bisa secara langsung menekan Ctrl+Alt+S.
•
Transform Orientation
Berfungsi
untuk mengabungkan beberapa objek.
•
Rotating/ Scaling pivot
Berfungsi
memutar dan memperbesar atau memperkecil pada area pivot, pivot merupakan titik
pusat suatu objek. Disimbolkan berupa titik hitam dengan tanda panah. Pivot
adalah titik pusat dari suatu objek, secara default pada Blender kita
menggunakan Median Point.
•
Modeling
Berfungsi
untuk membuat model 3D awal.
•
UV Mapping
Berfungsi
untuk memindahkan objek berdasarkan vertex.
•
Texturing
Adalah
pembuatan textur pada objek bisa dengan meload gambar dari kita sendiri,
ataupun dari bawaan Blender.
•
Rigging
Berfungsi
untuk pembuatan tulang atau bones pada objek.
•
Skinning
Berfungsi
untuk pembuatan kulit pada objek atau model.
•
Animasi
Berfungsi
untuk pembuatan animasi atau objek bergerak secara timeline/ waktu.
•
Particle
Berfungsi
untuk pembuatan particle pada objek atau model.
Basic
Blender Shortcut:
•
Memilih obyek: klik kanan
•
Multiple obyek: shift + klik kanan
•
Select/Deselect All: A
•
Tools Shelf Toggle: Shortcut: T ; Menampilkan Tools Shelf
•
Menghapus obyek (vertex, edge, face): x
•
Properties Panel Toggle: Shortcut: N ; Menampilkan Properties Panel
•
Set Center: Shortcut: Shift + CTRL + Alt + C ; Gunakan menu ini untuk select
Center New, Center Cursor atau ObData to Center
•
Circle Select: Shortcut: C ; Untuk seleksi Circle/bundar
•
Marquee Zoom: Shortcut: Shift + B, lalu LMB-drag ; Untuk zoom obyek dengan
seleksi kotak
•
Quick Toggle for Vertices, Edges and Faces: Shortcut: CTRL+TAB ; Dalam edit
mode gunakan ini untuk mempercepat perpindahan seleksi
•
Isolate your Model in 3D: Shortcut: Alt + B dan LMB-drag ; Lalu, rotasikan di
3D view untuk melihat “3D projection” isolated model. Tekan Alt + B lagi untuk
mengembalikan ke posisi normal.
•
Transform Hotkeys ; G = Move (Grab) ; R = Rotate ; S = Scale ; Alt + G = Reset
Position ; Alt + R = Reset Rotation ; Alt + S = Reset Scale
•
Add: Shift + A
•
Viewport ala 3ds Max: Ctrl+Alt+Q
5 Komentar untuk "FUNGSI - FUNGSI TOOLS PADA BLENDER"
Thanks gan.. !!
ini buat blender semua versi apa gak?
Thx, SDH berbagi
Mantap gan post nya
K UNTUK APA